Avenu Shalom Alaechim! Seperti busur pelangi, yang terlihat pada musim hujan di awan-awan, demikianlah kelihatan sinar yang mengelilinginya. Begitulah kelihatan gambar kemuliaan TUHAN. Tatkala aku melihatnya aku sembah sujud, lalu kudengar suara Dia yang berfirman.**** Yeh. 1:28 Beginilah firman TUHAN: "Janganlah orang bijaksana bermegah karena kebijaksanaannya, janganlah orang kuat bermegah karena kekuatannya, janganlah orang kaya bermegah karena kekayaannya,Yer 9:23.

16 September 2009

PLENGKUNG NIRBAYA


PLENGKUNG NIRBAYA
Gambar di atas adalah Plengkung Gading atau Plengkung Nirbaya, tampak terlihat dari sisi utara. ‘Nir’ artinya ‘tidak’, ‘baya’ artinya ‘bahaya’. Secara sederhana bisa diartikan dengan sebuah jalan yang tidak bahaya. Demikian menurut saya.

Filosofi Pohon Asem dan Tanjung
Bila kita berjalan ke selatan Plengkung Nirbaya ini, terus melewati perempatan, maka jalan lurus ini ternyata menuju ke Krapyak. Di sebelah kanan dan kirinya jalan lurus tersebut dihiasi dengan pohon Asem dan Tanjung. Menggambarkan kehidupan Sang Anak yang lurus, bebas dari rasa sedih dan cemas, rupanya “nengsemaken” (menarik) serta disanjung-sanjung selalu, istimewa oleh ibu bapanya.

Makna ‘Tanjungtirtha’
Lalu ada sebuah gereja pula bernama Tanjungtirtha. ‘Tanjung’ (sebuah tanaman) dan ‘tirtha’ berarti air. Di dalam Alkitab kata ‘air’ dipakai dalam banyak sekali perumpamaan. Antara lain sebagai sumber kehidupan makhluk hidup, untuk membaptis (Yoh.1:33), membasuh, membersihkan, menyucikan (Ef.5:6), mentahirkan, menyembuhkan (Yoh.5:3-7), memberi kesaksian di bumi (I Yoh 5:8), asal muasal bumi (II Pet.3:5), sebagai minuman (Mrk.9:41), dll. Begitu banyaknya makna atau perumpamaan air. Tidakkah Tanjungtirtha pun bisa menjadi sebuah air multiguna bagi sesama sehingga hanya Nama Tuhan Yesuslah yang senantiasa disanjung-sanjung tinggi!? Ataukah Anda memiliki makna lain mengenai ‘Tanjungtirtha?”. Tuliskanlah komentar Saudara di bawah ini.

Ayat emas
Markus 9:41. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa memberi kamu minum secangkir air oleh karena kamu adalah pengikut Kristus, ia tidak akan kehilangan upahnya."

Diolah dari sumber:
K।P.H. Brongtodiningrat, diterjemahkan R. Murdani Hadiatmaja. Arti Kraton Yogyakarta. Yogyakarta: Museum Kraton Yogyakarta. (tj)

0 komentar:

Posting Komentar

Wikipedia

Hasil penelusuran

SolaAgape. Diberdayakan oleh Blogger.
 

My Blog List

Site Info

Padaleman Suci GKJ Tanjungtirto

Followers

Sekolah Agape Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template