Avenu Shalom Alaechim! Seperti busur pelangi, yang terlihat pada musim hujan di awan-awan, demikianlah kelihatan sinar yang mengelilinginya. Begitulah kelihatan gambar kemuliaan TUHAN. Tatkala aku melihatnya aku sembah sujud, lalu kudengar suara Dia yang berfirman.**** Yeh. 1:28 Beginilah firman TUHAN: "Janganlah orang bijaksana bermegah karena kebijaksanaannya, janganlah orang kuat bermegah karena kekuatannya, janganlah orang kaya bermegah karena kekayaannya,Yer 9:23.

29 November 2014

GKJ TANJUNGTIRTO: “Hujan Piala Lomba CTA 2014”

GKJ TANJUNGTIRTO:

“Hujan Piala Lomba CTA 2014”




haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang
kepada anak-anakmu dan membicarakannya
apabila engkau duduk di rumahmu,
apabila engkau sedang dalam perjalanan,
apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.
Ul. 6:7




Pekan Natal PT. SGM 2014

     “Pyuh!” serasa terhenyak lagi. Pengen bersantai tapi terpaksa harus sibuk lagi. Ya, baru mau beristirahat sejenak dari kepenatan sibuknya CTA GKJ se-DIY. Kayaknya baru kemarin ikut lomba CTA bulan Juli, e...e… kami dapat undangan lagi hajatan lomba CTA di bulan November 2014. Kali ini Komisi Anak SM GKJ Tanjungtirto dapat undangan Lomba Cerdas Tangkas Alkitab (CTA) & Tebak Lagu Sekolah Minggu (SM) yang diselenggarakan oleh PT. Sarihusada Generasi Mahardika (SGM). Acara ini diadakan oleh Panitia Pekan Natal SGM 2014 dalam rangka rangkaian perayaan Natal di PT. SGM. Pendaftarannya free alias gratis.

    Tapi agaknya para guru pendamping bisa bernafas lega. Lomba dengan tema “Mengenal Tuhan Yesus Lebih Dekat” meringankan beban mengajar. Materinya pun dibatasi seputar Perjalanan Hidup Tuhan Yesus (PB=Perjanjian Baru). Dan lagu sekolah minggu. Ini tak serumit materi CTA GKJ se-DIY yaitu PL (Perjanjian Lama) & PB. Tiap gereja hanya diperkenankan mewakilkan satu regu dan terdiri atas 3 anak saja, dengan usia maksimal sampai dengan murid kelas 5 SD.

Wah… siapa yang nggak ngiler dengan hadiah yang ditawarkan. Juara I Rp 2,5 juta & trofi, juara II Rp 2 juta & trofi, juara 3 Rp 1,5 juta dan trofi, dan juara harapan Rp 1 juta dan trofi. Bikin semangat yang pudar menjadi terang kembali.

Persiapan Regu CTA GKJ Tanjungtirto

     “Lebih cepat, lebih baik”, sepertinya demikian semboyan para guru SM antara lain mbak Novi, mbak Linda, dan mbak Kristin. Begitu menerima undangan CTA tanggal 28 Oktober, mereka langsung berkoordinasi untuk mempersiapkan tim dan jadwal latihan. Hanya 1 bulan mereka berlatih, yaitu 5 kali pertemuan di hari Sabtu dan Minggu. Puji Tuhan, para alumni CTA GKJ se-DIY masih ada yang memenuhi syarat, yaitu dik Shinta dan di Gita yang sekarang duduk dibangku kelas 5 SD. Mereka adalah penyabet juara teladan ke-VI lomba CTA GKJ se-DIY yang diselenggarakan oleh GKJ Klasis Yogyakarta Utara.

    Tapi sayang 1000 sayang. Ternyata dik Shinta tidak bisa bergabung dalam squad kali ini. Ia harus pergi ke Jakarta untuk acara pentas seni. Asa masih ada. Akhirnya kami rekrut dik Nara dan dik Shinta untuk bergabung dengan Tim Salmon bersama dengan dik Gita dengan kata sandi ‘Tongkol’. Hahaha… jadi ketawa kalau ingat sandi itu.

                                                Lomba CTA di SGM Klaten

Akhirnya, hari yang dinanti tiba juga. Minggu (23/11) pukul 07.30 kami tiba di lokasi. Bertempat di Gazebo Taman Asik Tjantik PT. SGM Jl. Raya Yogya-Solo Km 19 Kemudo Prambanan Klaten. Menurut keterangan panitia menargetkan 25 peserta tapi ternyata total peserta yang ikut adalah 16 gereja (antar denominasi).

Beuntung bagi squad Salmon. Kami mendapat nomor undian 12. “Nomor cantik” ujar coach. “12 Murid Yesus”, sahut dik Gita menanggapi. Tim memasuki ruangan, bu Desi mengajak kami untuk berdoa bersama di luar ruangan sebelah Barat. Doa menjadi andalan pertama kami dalam tiap pertandingan. Dengan tradisi silang tangan bersama yang selalu kami biasakan, “tangan kanan member, tangan kiri menerima”. Setelah itu kami masuk ruangan kembali. Meski menunggu cukup lama, sekitar 1 jam, acara akhirnya dimulai. Mbak Angel yang menjadi MC mencairkan suasana dengan salam sapa nya. Jika mbak Angel menyapa “Hai…?!” adik-adik menjawab “Halo?!” Begitu sebaliknya. Jika disapa “semangat?” maka adik-adik menjawab “yes” (sambil mengayunkan tangannya).

Terbaik Diantara yang Baik

                Lomba pun dimulai. Lomba CTA dipandu oleh kak Lukas. Sebelum lomba dimulai dilempar sebuah pertanyaan uji coba. Siapakah nama murid yang mengkhianati Tuhan Yesus? Ternyata hanya satu regu yang menjawab salah yaitu Simon Petrus. Jawaban yang benar adalah Yudas Iskariot. Rasanya dag, dig, dug, der mendampingi tim Salmon. “Bisa nggak ya menjadi 4 besar?” Babak pertama selesai dengan 25 soal. Soal dari awal kebanyakan seputar berita dan saat sebelum kelahiran Yesus. Saat soal di kota mana Yesus dilahirkan? Semua menjawab benar, yaitu di kota Betlehem. Namun saat sebuah slide ditayangkan yaitu gambar danau Galilea, soal tentang apa nama lain dari danau Galilea semua tidak berhasil menjawab. Jawabannya adalah danau Genesaret. Padahal tim Salmon sudah pernah diajari. Namun mereka menjawab danau Tiberias. Coach yang merasa mengajarkan nama lain danau Galilea selain Genesaret atau juga Tiberias sempat mengadu ke panitia. Namun jawaban tersebut tetap tidak dibenarkan. “Yah…. nggak jadi tambah nilai 10 dong.” Ya, satu soal memang bernilai 10.

                Akhirnya babak pertama selesai. Rekap nilai sementara adalah, ada 2 regu yang memiliki nilai sama, yaitu: GKJ Brayat Kinasih & GKJ Tulung dengan skor 170. Sedangkan GBI Miracle dengan skor 180. Dilanjutkan peringkat atas yaitu Gereja Katholik Ingnatius Temanggal & GKJ Tanjungtirto dengan skor sama yaitu 190. Dikarenakan hanya dipilih empat juara maka GKJ Brayat Kinasih dan GKJ Tulung harus ditandingkan untuk menentukan siapa yang berhak atas juara harapan 1. Sebelum penyisihan, kak Lukas berpesan kepada adik-adik. “Ya, karena kita harus menentukan 4 regu yang akan dipilih sebagai pemenang. Dan tiga regu beratnding di final, jadi akan ada regu yang tersisih. Tapi tidak berarti yang tidak masuk final adalah regu yang jelek. Semua regu sudah baik semua. Hanya kami harus mencari yang terbaik diantara yang baik.” Demikian pesan kak Lukas. “Dan mungkin di lain kesempatan di tahun mendatang semoga regu lain bisa mendapat juara.” Demikian pesan kak Lukas menyemangati para peserta.

     Singkat cerita regu dari GKJ Brayat Kinasih dan GKJ Tulung saling adu cepat dengan memencet bel sebelum menjawab soal. Setelah dilakukan 2 soal untuk pemanasan menggunakan bel. Akhirnya soal sesungguhnya yaitu, “Siapakah nama murid yang dipilih untuk menggantikan Yudas Iskariot?” “Tet….!” Demikian bel langsung cepat berbunyi. Dengan penuh percaya diri menjawab, “Matias!” “Yak betul!” ujar kak Lukas. Dengan demikian GKJ Brayat Kinasih berhak atas juara harapan I.

     Selanjutnya tibalah ketiga regu yaitu GK Ignatius Temanggal, GBI Miracle, dan GKJ Tanjugtirto tampil. Sepertinya yang lebih tegang adalah para supporter dan para coach. Namun dengan cekatan dik Gita sebagai juru bicara tim GKJ Tanjungtito, bersama dik nara & Senja dapat menuntaskan dengan sangat apik dan heroik. Soal tentang siapakah nama ayah dari anak perempuan yang dibangkitkan Yesus, kota asal Maria dan Marta, nama hamba Imam besar yang daun telinganya terkena pedang Petrus, berhasil di lalap dengan cepat, tepat, penuh kepercayaan diri. Bahkan kak Lukas yang belum sempat menghabiskan pembacaan soal, langsung disambar anak-anak. Meskipun beberapa soal yang tersambar tim lawan dan tidak dapat menjawab soal tebak lagu. Namun akhirnya skor regu GKJ Tanjungtirto menang telak yaitu 240. Dengan keseluruhan 35 soal.

     Masih banyak yang ingin kami tuliskan. Mungkin ada baiknya mendengar kesaksian para juara cilik di Minggu esok jam 07.00 WIB di gedung GKJ Tanjungtirto saat penyerahan piala di Minggu Advent pertama, 30 November 2014. Kemenangan ini bukan untuk membuat diri takabur. Pencapaian ini adalah atas terkabulnya doa, usaha, dan mukjizat perjuangan kawanan kecil yang ingin seperti Yesus yang berusia 12 tahun.



     Ketika Yesus telah berumur dua belas tahun pergilah mereka ke Yerusalem seperti yang lazim pada hari raya itu. Sehabis hari-hari perayaan itu, ketika mereka berjalan pulang, tinggallah Yesus di Yerusalem tanpa diketahui orang tua-Nya. Karena mereka menyangka bahwa Ia ada di antara orang-orang seperjalanan mereka, berjalanlah mereka sehari perjalanan jauhnya, lalu mencari Dia di antara kaum keluarga dan kenalan mereka. Karena mereka tidak menemukan Dia, kembalilah mereka ke Yerusalem sambil terus mencari Dia. Sesudah tiga hari mereka menemukan Dia dalam Bait Allah; Ia sedang duduk di tengah-tengah alim ulama, sambil mendengarkan mereka dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada mereka. Dan semua orang yang mendengar Dia sangat heran akan kecerdasan-Nya dan segala jawab yang diberikan-Nya. Luk. 2:42-47






Peserta CTA SGM 2014

  1. GKJ Tanjungtirto, juara ke-I dengan nilai 240
  2. GKJ Yusup Pekerja
  3. GKJ Karang Bendo
  4. GKJ Maguwoharjo
  5. GKJ Tulung, peringkat ke-V besar
  6. GK Santa Perawan Maria
  7. GKJ Brayat Kinasih, juara ke-IV
  8. GKJ Taji
  9. GK Dalem
  10. GKJ Condongcatur
  11. GK Marginingsih
  12. GK St. Paulus Pringgolayan
  13. GKJ Kebonarum
  14. GBI Miracle Service, juara ke-II
  15. GK Ignatius Temanggal, juara ke-III
  16. GK Jali

“Salud, untuk perjuangan kalian ya! Jadilah pendengar dan pelaku firman yang baik! Semoga persembahan kalian memuliakan Allah Tritunggal.





Trofi Ketiga:http://solaagape.blogspot.com/2014/11/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html



Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya setiap orang yang karena Aku dan karena Injil meninggalkan rumahnya, saudaranya laki-laki atau saudaranya perempuan, ibunya atau bapanya, anak-anaknya atau ladangnya, orang itu sekarang pada masa ini juga akan menerima kembali seratus kali lipat: rumah, saudara laki-laki, saudara perempuan, ibu, anak dan ladang, sekalipun disertai berbagai penganiayaan, dan pada zaman yang akan datang ia akan menerima hidup yang kekal.

Mrk. 10:29-30.



Warsita Reja, menyambut Advent Ungu, Tahun Baru Liturgi Gereja 2014

0 komentar:

Posting Komentar

Wikipedia

Hasil penelusuran

SolaAgape. Diberdayakan oleh Blogger.
 

My Blog List

Site Info

Padaleman Suci GKJ Tanjungtirto

Followers

Sekolah Agape Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template