Avenu Shalom Alaechim! Seperti busur pelangi, yang terlihat pada musim hujan di awan-awan, demikianlah kelihatan sinar yang mengelilinginya. Begitulah kelihatan gambar kemuliaan TUHAN. Tatkala aku melihatnya aku sembah sujud, lalu kudengar suara Dia yang berfirman.**** Yeh. 1:28 Beginilah firman TUHAN: "Janganlah orang bijaksana bermegah karena kebijaksanaannya, janganlah orang kuat bermegah karena kekuatannya, janganlah orang kaya bermegah karena kekayaannya,Yer 9:23.

24 Juli 2015

Mudahnya Rute Perjalanan ke Pantai Indrayanti

Mudahnya Rute Perjalanan ke Pantai Indrayanti

"Sebab itu permuliakanlah TUHAN 
di negeri-negeri timur,
 nama TUHAN, Allah..., di tanah-tanah pesisir laut!"
Yesaya 24:15



Pantai Indrayanti alias pantai Pulsa

Sobat ingin pergi ke pantai Indrayanti? Nggak perlu kuatir… perjalanannya mudah kok! Menurut beberapa sumber, pantai yang akan kita tuju ini memiliki nama resmi dari Pemkab Gunung Kidul yaitu pantai Pulang Syawal, disingkat menjadi ‘pantai Pulsa’, hehehe! Polpuler dengan nama pantai Indrayanti karena ada cafĂ© dan resto di sana yang bernama Indrayanti.

Persiapan & rute perjalanan.

  1. Download rute link berikut:
  1. Dari Yogya ikuti terus jalan raya Wonosari sampai menuju pertigaan Gading
  2. Di traffic light pertigaan gading, sobat akan melihat petunjuk arah berikut, pilih arah kanan menuju Playen.
  3. Ikuti terus jalan nomor 3 sampai ketemu petunjuk arah berikut di depan sebuah pasar.
  4. Teruslah berjalan lurus, selanjutnya sobat akan sampai pada pertigaan jalan, tepat didepan sobat adalah kantor kecamatan Playen.
  5. Ambil arah kanan menuju pertigaan Trowono.
  6. Ikuti terus jalan nomor 6. Selanjutnya sobat akan menemui petunjuk arah berikut.
  7. Ambil arah kiri menuju arah Baron. Nah setelah berbelok ke kiri beberapa saat, janganlah sobat bingung, karena peta yang sobat download agak berbeda.
  8. Sobat akan menemui pertigaan jalan di depan Bank BPD DIY Kantor Kas Paliyan.
  9. Nah, ambil arah kanan dan lurus terus sampai bertemu petunjuk berikut.
  10. Sampai di pertigaan, ambil ke kiri arah pantai Baron.
  11. Akhirnya sobat menemui persimpangan dengan petunjuk berikut. Tak perlu bingung, ambil jalan paling kiri menuju pantai Baron. Jangan salah, karena jika sobat ambil jalan ke kanan adalah menuju pantai Ngrenean.
  12. Ikuti terus jalan tersebut dan sobat akan menemui pertigaan lagi dengan petunjuk jalan berikut.
  13. Pilih ke kanan arah menuju pantai Baron.

  14. Jangan lupa ya sobat akan dikenakan retribusi Rp 10.000 per org, sebelum masuk kawasan pantai.
  15. Nah, ikuti terus jalan tersebut menuju ke timur. Sobat sudah memasuki kawasan pantai. Ada pilihan pantai di sebelah kanan sobat.
  16. Tapi untuk menuju pantai Pulang Syawal, sobat harus memilih arah lurus ke timur.

Memasuki kawasan pantai

Berikut beberapa pantai yang akan sobat temui di jalur kawasan pantai:
1.        Baron
2.       Kukup
3.       Sepanjang Indah.
Di pantai ini sobat dapat membeli cenderamata dari kerang. Ada gantungan kunci Rp 5.000 dapet 4 bh, atau hiasan burung Rp 10.000 dapat 4 bh, murah tapi nggak murahan, asal sobat pandai menawar. (sepulang dari pantai Pulsa nanti saya sarankan mampir, jelajahi, dan belilah oleh-oleh disini untuk memberkati warga yang berjualan, tak perlu parkir tapi sobat bisa berkeliling untuk menikmati pemandangan di sini).
4.      Drini
Di pantai ini cocok buat sobat yang ingin membeli oleh-oleh berbagai jenis ikan laut yang digoreng/friedfish. Enak lho ikannya hasil tangkapan nelayan di situ. Ada juga keong dan rumah-rumahannya. Juga bisa berselfie di depan kapal-kapal nelayan. (sepulang dari pantai Pulsa nanti saya sarankan mampir, jelajahi, dan belilah oleh-oleh disini untuk memberkati warga yang berjualan, tak perlu parkir tapi sobat bisa berkeliling untuk menikmati pemandangan di sini).
5.       Krakal
Di pantai ini sobat juga bias berselfie di sebuah patung ikan Marlin yang menjadi icon menarik. (sepulang dari pantai Pulsa nanti saya sarankan mampir, jelajahi, dan belilah oleh-oleh disini untuk memberkati warga yang berjualan, tak perlu parkir tapi sobat bisa berkeliling untuk menikmati pemandangan di sini).
Sundak
6.      Pulang Syawal
Akhirnya sobat sampai sudah di pantai Pulsa. Perjalanan yang lumayan panjang. Penat dan lelah sobat diperjalanan akan terbayar di pantai Pulsa.

Selfie di tengah bukit pantai Pulsa
                        Saya sarankan sobat parker di area tengah. Selanjutnya sobat menuju pantai yang ada bukit/karang ditengahnya. Sobat bias naik dan dikenakan kotak dana sukarela. Sobat bisa berselfie ria dengan background bukit di sebelah timur dan selanjutnya dengan latar bukit di sebelah barat. Ups… sobat harus berhati-hati, lihat dan baca petunjuk dan informasi. Jangan melewati batas pagar demi keamanan dan keselamatan hehehe.
                        Selanjutnya sobat bisa bermain ke sebelah barat dan naik bukit dimana ada restoran di atasnya. Lanjutkan selfie sobat dan tetap berhati2. Setelah itu sebaiknya sobat menuju ke barat kembali untuk menikmati keramaian pantai, mandi, main laying-layang, mencari binatang laut, kerang, dll, dan bersantai ria dengan penjaja payung sewaan.

Trekking ke timur pantai Pulsa
                        Dari situ sobat bisa ke arah timur dan mendaki Bukit Karang dengan tiket Rp 2.000 per orang. Tapi musti hati-hati karena jalanannya naik dan curam. Lanjutkan selpfie sobat dan tetap berhati2. Sobat bisa berjalan ke Barat lagi dan akan menemukan pos Flyng fog yang disewakan Rp 20.000 per orang. Ya itung2 hemat energy daripada sobat harus menuruni bukit untuk menuju pantai disebelah pantai Pulsa. Sobat bisa menadaki bukit di sebelah barat dan perlu hati2 karena bukitnya masih belum banyak pagar pembatas. So… hati2. Namun setelah sampai puncak sobat bisa melihat pemandangan yang luar biasa. Yaitu samudera raya dan cakrawala. Amazing… Luangkan waktu untuk mengagumi hebat dan luar biasanya karya Sang Pencipta!
Ok guys, semoga perjalananmu menyenangkan…!

(Diary, 24 Juli 2015)

0 komentar:

Posting Komentar

Wikipedia

Hasil penelusuran

SolaAgape. Diberdayakan oleh Blogger.
 

My Blog List

Site Info

Padaleman Suci GKJ Tanjungtirto

Followers

Sekolah Agape Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template