Avenu Shalom Alaechim! Seperti busur pelangi, yang terlihat pada musim hujan di awan-awan, demikianlah kelihatan sinar yang mengelilinginya. Begitulah kelihatan gambar kemuliaan TUHAN. Tatkala aku melihatnya aku sembah sujud, lalu kudengar suara Dia yang berfirman.**** Yeh. 1:28 Beginilah firman TUHAN: "Janganlah orang bijaksana bermegah karena kebijaksanaannya, janganlah orang kuat bermegah karena kekuatannya, janganlah orang kaya bermegah karena kekayaannya,Yer 9:23.

28 November 2009

Advent Anak Sekolah Minggu

Membuat Alat Peraga untuk Anak Sekolah Minggu: “Kedatangan Anak Manusia, perumpamaan tentang pohon ara.”

Bahan Alkitab : Lukas 21:25-36
Tema : Siap Siaga
Ayat emas : Lukas 12:37a

Berbahagialah hamba-hamba yang didapati tuannya berjaga-
jaga ketika ia datang (Lukas 12:37a)


Adik2 minggu ini adalah minggu spesial. Hari ini tanggal 29 November 2009 kita memasuki minggu Advent pertama. Advent dari bahasa latin Adventus. Adventus berarti kedatangan. Seperti kita menantikan hari Natal tanggal 25 Desember 2009, kita juga menantikan kedatangan Tuhan Yesus untuk yang kedua kalinya. Nah, makanya kita perlu menyiapkan diri menyambut kedatangan Tuhan kita Yesus Kristus. Apa ya… yang perlu kita persiapkan?
Kedatangan Anak Manusia (T. Yesus) tidak ada yang tahu. Malaikat Tuhan aza tidak tahu, Yesus sendiri pun tidak tahu kapan hari itu datang. Hanya Bapa sendiri yang tahu (Matius 24:36). Wah…padahal jika Anak Manusia datang, itu berarti akhir dari sejarah dunia ini atau kiamat…hiii…ngeri… Siap nggak ya kita temen2? Bukannya kiamat tahun 2012? Ah… jangan mau ditipu gak ada yang tahu kapan harinya khan?! Itu ramalan….., jangan dipercaya. Yang jelas Kerajaan Allah udah dekee…t!
Nah, dalam bacaan perikop kita di atas mengatakan. Tanda-tanda kedatangan Anak Manusia dikisahkan. Matahari, bulan, bintang-bintang dan deru dan gelombang laut goncang, menakutkan. Ya, kuasa langit goncang. Semua orang takut. Pada waktu itulah temen-temen akan melihat kedatangan Anak Manusia dalam awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya (lihat ayat 27).
Lalu kapan ya…T. Yesus datang. Yesus memberi perumpamaan tentang pohon ara atau pohon apa saja. Lihat. Bila pohon2 itu sudah bertunas berarti musim panas sudah dekat. Begitu juga kedatangan Tuhan. Jika banyak bencana alam dan kuasa langit goncang kita harus berjaga! Sebab Tuhan akan segera datang. Nah, siap nggak sih kita?!
Yang dikehendaki Tuhan kita harus berjaga-jaga. Lalu caranya? Ya, adik-adik harus hidup kudus, suci, dan benar. Karena kita percaya Tuhan akan datang kembali. Jadi kita hidup benar seturut firman-Nya. Nah, jangan malah hidup dalam dosa karena nggak percaya kalo Tuhan pasti akan datang. Waktunya nggak terduga. Mungkin Tuhan datang pas malam hari, nah udah berdoa sebelum tidur belum? Atau pas adik2 sekolah, nah apa malah bolos?! Mungkin juga pas adik2 ke Sekolah Minggu, nah apa malah lihat filem Doraemon di TiVi?!

Jika adik-adik berjaga-jaga, berarti adik-adik siap menyambut kedatangan Tuhan Yesus. Sebaliknya jika sekarang adik-adik tidak berjaga berarti harus bertobat. Harus siap siaga dong…! Apa mau dihukum Tuhan. Padahal kan kita ingin diselamatkan! Yah, makanya kita sekali lagi harus berjaga-jaga! Biar ikut diselamatkan Tuhan, jangan malah dapat hukuman. Amin.

Diolah sendiri dari buku ajar SM yang diterbitkan sinode GKJ, oleh: Tejo 29/11/09.



Alat Peraga:

  1. Matahari, bulan, dan bintang-bintang. Digantung dengan benang jahit warna hitam. Sehingga bisa goncang waktu ditiup. Untuk memperagakan saat kuasa langit goncang.







2. Batang pohon dengan tunasnya.Tunas disembunyikan dibelakang batang. Anak SM diminta menjawab” “Hai pohon bertunaslah..!” saat sang guru bilang, “Musim panas sudah dekat!”. Lalu tunas yang sudah ditempeli lidi di angkat ke atas. Memperagakan pohon ara yang bertunas ketika tiba musim panas.








3. Tuhan Yesus dalam awan. Gambar T. Yesus menaiki awan disembunyikan dibalik awan. Lalu diperagakan saat datang ke bumi. Caranya dengan manarik batang lidi yang sudah di tempelkan pada gambar.4. Gambar anak sedang berjaga, co: berdoa
5. Gambar anak tidak berjaga, co: mencuri, mabuk, pesta pora.Gambar 4 & 5 untuk menerangkan perbuatan yang dikenan dan tidak dikenan Tuhan sewaktu datang. Yang berjaga berarti diselamatkan. Yang berdosa akan dihukum.











Untuk mengajarkan ayat hafalan. Anak diminta menuliskan ayat hafalan Lukas 12:37a di kotak bawah pada gambar anak laki-laki/perempuan yang sedang berdoa. Boleh dijadikan hiasan di kamar atau sebagai pembatas Alkitab. Sehingga anak akan selalu ingat dengan firman itu! Selamat mencoba!


0 komentar:

Posting Komentar

Wikipedia

Hasil penelusuran

SolaAgape. Diberdayakan oleh Blogger.
 

My Blog List

Site Info

Padaleman Suci GKJ Tanjungtirto

Followers

Sekolah Agape Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template