Avenu Shalom Alaechim! Seperti busur pelangi, yang terlihat pada musim hujan di awan-awan, demikianlah kelihatan sinar yang mengelilinginya. Begitulah kelihatan gambar kemuliaan TUHAN. Tatkala aku melihatnya aku sembah sujud, lalu kudengar suara Dia yang berfirman.**** Yeh. 1:28 Beginilah firman TUHAN: "Janganlah orang bijaksana bermegah karena kebijaksanaannya, janganlah orang kuat bermegah karena kekuatannya, janganlah orang kaya bermegah karena kekayaannya,Yer 9:23.

25 Desember 2013

Hadiah Natal 2013




Hari-hari yang Cepat Berlalu

     Satu tahun berlalu begitu cepat. Banyak sudah yg kita lakukan di tahun 2013. Dan tentu, di tahun-tahun sebelumnya. Ada catatan-catatan baik, prestasi-prestasi gemilang. Tapi ada juga cerita-cerita buruk, sedih, kecewa, dan kesendirian.
     Tahun ini, tepat tanggal 25 Desember 2013. Aku mengucap syukur kepada Tuhan atas kado Natal terbaik yang Tuhan berikan. Tapi bukan seperti yang keluar dari kantung sinterklas, ataupun hadiah-hadiah gemerlap yang dibeli di toko-toko ataupun mall dan plaza. Nah, hadiah Natal di tahun 2013 ini bagiku adalah ujian iman.
     
Ujian Iman

     Saat upaya-upaya dicoba, saat kesempatan terbuka, saat tes kehidupan dilalui. Dan persiapan paling optimalpun disiapkan, ternyata.... Apa yang aku pikirkan, impikan, dan cita-citakan belum membuahkan hasil. Tapi doa telah membuatku kuat. Aku tidak lemah dan hilang harapan baru.

Tanda-tanda itu Mulai Pudar?

1. Pelangi
    Pelangi atau Busur Allah adalah janji Tuhan sejak zaman nabi Nuh. Tanda ini mengingatkan kita bahwa Tuhan tidak akan menghukum bumi lagi dengan air bah.
    "Tetapi Tuhan, mengapa ada topan yang mengerikan dan menyapu kehidupan di bumi?" tanyaku dalam hati.
    Pelangi = janji. Tapi aku tidak akan tahu kapan akan datang waktu janji itu digenapi? Sampai mungkin nantinya aku akan dapat bersaksi.

2. Mazmur 37:6, Roma 5:5
    Mzm 37:6  Ia akan memunculkan kebenaranmu seperti terang, dan hakmu seperti siang. Mungkin banyak     kebetulan dalam hidup ini menemukan ayat-ayat yang indah. Dan tentu bukan ayat ini saja. Apalagi  merenungkan bahan bacaan di masa Advent. Kisah hidup imam Zakharia, Elisabeth, Maria, dan lainnya.
    Apakah Tuhan senang berjanji? Tapi digenapi hanya untuk tokoh-tokoh saleh di Alkitab saja?
   
3. Seperti Kebetulan-kebetulan dalam Keseharian
   Orang yang senantiasa mengerubungiku dan mengejarku. Tentang klaim kerugiaan yang selalu dituntutnya, tentang keluhan yang ingin ada jawabnnya, tentang order besar yang seperti tanpa alasan datangnya, tentang order spesial yang salah jurusan, tentang kecanggihan dunia digital, tentang telepon tentang pencurian, tentang apa yang terasa menjadi pesan khusus buat aku. Tapi maaf mas itu memang kebetulan.
   Menghayati renungan, menganggap semua yang merepotkan kita dan berusaha kita tolong adalah "Yesus yang sedang menyamar". Sepertinya menarik bukan?

4. Tentang Fakta
   Aku harus ingat kisah Thomas Alfa Edison, Abraham Lincoln, maaf untuk tokoh lokal aku belum punya.
   Mungkin almarhum ayahku. Sedang tokoh Alkitab yaitu Yakub. Mereka semua adalah tokoh-tokoh panutan yang tidak pernah menyerah, mencoba lagi sampai berhasil.
   Lea tidak berseri matanya, tetapi Rahel itu elok sikapnya dan cantik parasnya. Yakub cinta kepada Rahel, sebab itu ia berkata: "Aku mau bekerja padamu tujuh tahun lamanya untuk mendapat Rahel, anakmu yang    lebih muda itu."Jadi bekerjalah Yakub tujuh tahun lamanya untuk mendapat Rahel itu, tetapi yang tujuh tahun itu dianggapnya seperti beberapa hari saja, karena cintanya kepada Rahel.  Kej 29:17-20.

5. Makna Natal 2013 bagiku
   Tuhan dalam Yesaya 9:6 menyandang hal-hal yang harus diakui dan diterima, yaitu:

   1). Lambang pemerintahan ada di atas bahunya,
        Dalam semua yang kita anggap kegilaan dalam dunia ini, keserakahan, penindasan, dan pelecehan, dan lainnya. Ingatlah, bahwa Yesus yang mengenakan lambang pemerintahan di bahunya, adalah Kepala Pemerintahan di atas pemerintahan apapun yang tetap memimpin dengan benar.

   2). Penasihat Ajaib, 
        Doa adalah cara kita mendapatkan nasihat terbaik dari Tuhan. Jika kita tidak kuat, tapi ternyata mampu bertahan ataupun tidak menyerah, bukankah itu ajaib? Meski harus dalam jalan yang sama terjal.

   3). Allah yang Perkasa, 
        Manusia boleh membuat mahakarya besar yang bermaksud agar bisa dikenang kebesarannya. Tapi Allah yang Perkasa itu lahir dalam keluarga yang sederhana dan mengalami perjalanan panjang dan melelahkan. Tapi Bayi itu selamat dan tumbuh dewasa.

   4). Bapa yang Kekal,
        Semua hal dunia tidaklah kekal. Syukur kita dikarunia hal-hal yang membawa kekekalan.

   5). Raja Damai.
        Kata 'damai' mengingatkanku kepada seekor keledai beban muda. Keledai itu dipakai Yesus masuk ke  Yerusalem. Cara terbaik hidup di dunia yang 'gila' ini adalah hidup dengan 'rendah hati' untuk mendapatkan kemuliaan dan kedamaian.

Hadiah Natal Sesungguhnya

    Jadi, hadiah Natalku begitu berharga. Ia lebih mahal daripada perak, atau emas tua. Bukan sekedar untuk tidak menyerah. Tetapi berdamai terhadap diri sendiri, berdamai terhadap orang lain, dan berdamai terhadap dunia dan nafsunya.
    Selamat Natal 2013 dan menyambut Tahun Baru 2014 kepada orang-orang gagal. Sebab kegagalanmu hanyalah istilah dari dunia. Sesungguhnya kita adalah orang yang dipersiapkan Tuhan untuk maksud yang mulia.

Pkh 9:16  Kataku: "Hikmat lebih baik dari pada keperkasaan, tetapi hikmat orang miskin dihina dan perkataannya tidak didengar orang."


   


0 komentar:

Posting Komentar

Wikipedia

Hasil penelusuran

SolaAgape. Diberdayakan oleh Blogger.
 

My Blog List

Site Info

Padaleman Suci GKJ Tanjungtirto

Followers

Sekolah Agape Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template